Sebanyak 87 Kades di Konsel Ikut Bimtek Penguatan BUMDesa

48

KENDARIEKSRES.COM,-  Bupati Konsel membuka Bimtek Penguatan BUMDesa yang diperuntukkan kepada  87 Kades terpilih pada Pilkades Serentak Tahun 2022, yang dilaksanakan disalah satu Hotel di Kendari, Senin (12/12) malam.

Bupati Konawe Selatan, H. Surunuddin menyampaikan bahwa percepatan pertumbuhan dan pembangunan di Konsel basisnya adalah Desa karena mayoritas masyarakat berada di Desa.

Kata dia, dana Desa dapat mendorong pengembangan potensi Desa sesuai potensi unggulan masing-masing dengan memaksimalkan produksinya.

“Selanjutnya pengelolaan hasil produksi masyarakat ini dapat di manfaatkan oleh BUMDesa dengan menjadi unit usaha, sebagai penyedia peralatan dan kebutuhan lain hingga pembelian dan penjualannya,” ujarnya.

Lanjut dia, terdapat beberapa faktor penting penunjang dalam pembangunan suatu wilayah Desa, diantaranya perlu penataan dan pemanfaatan tata ruang pembangunan secara optimal dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) sebagai insan pembangunan.

Khususnya pada peningkatan kapasitas pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kepada para Aparatur Pemerintahan Desa.

Sedangkan Desa yang memiliki potensi Wisata, BUMDes dapat membuka usaha penunjang pariwisata, misalnya menyiapkan home stay dan penunjang lainnya.

“Peningkatan kapasitas pengelolaan BUMDesa tentunya membantu mensejahterakan masyarakat pedesaan sekaligus mendukung tujuan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Pemerintah Pusat dan yang dicanangkan didaerah, menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat sesuai Tagline Pembangunan Pemda  Konsel,”  kata Surunuddin.

Turut hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) Hj Sitti Chadidjah, Ketua TP4D Samsu dan Kadis DPMD Anas Mas’ud. (red)

Komentar Pembaca