DPD HKTI Sultra Gelar Jalan Santai di Baubau, Hadiah Utama Umrah

99

KENDARIEKSPRES, – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menggelar acara jalan santai di Kota Baubau, pada Minggu, 26 Februari 2023.

Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk memikat warga Kota Baubau untuk turut serta, karena kegiatan ini mempertemukan artis ibukota asal Kota Baubau, Fildan, dengan Masyarakat Baubau.

Selain itu, para peserta jalan santai pun akan mendapat hadiah menarik berupa umrah. Tentu saja, kegiatan ini akan menjadi sebuah momen penting bagi masyarakat di Kota Baubau.

Namun, agenda jalan santai tersebut bukan satu-satunya kegiatan yang digelar oleh DPD HKTI Sultra. Sesungguhnya, kegiatan jalan santai merupakan bagian dari upaya memeriahkan pengukuhan tiga Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HKTI, yakni DPC Kota Baubau, Kabupaten Buton Tengah, dan Wakatobi.

Penanggungjawab Kegiatan Prof. Azhar Bafadhal mengemukakan, rangkaian acara pengukuhan berlangsung sejak hari Kamis (23 Februari 2023). Dikatakan, Ketua DPD HKTI Sultra Andi Sumangerukka bersama rombongan tiba pada hari itu dan langsung melaksanakan sejumlah kegiatan yang telah diagendakan.

“Setelah beliau bersama rombongan tiba, langsung menuju Masjid Keraton Buton untuk melaksanakan doa bersama yang didahului dengan Shalat Asar berjamaah,” jelas Prof. Azhar di Baubau, Jumat (24 Februari 2023).

Usai doa bersama, Andi Sumangerukka dan rombongan menggelar silaturrahmi dengan Sultan Buton ke-40 La Ode Izat Manaarfa di kediamannya. Dilanjutkan silaturrahmi dengan Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse pada malam harinya.

Selanjutnya, hari Jumat (24 Februari 2023), kata Prof. Azhar, kegiatan diawali dengan agenda “Ketua DPD HKTI Menyapa” yang digelar di Pasar Wameo. Kemudian melanjutkan kegiatan dengan berkunjung ke kelompok tani di Kelurahan Badia, Kecamatan Murhum.

Di sela-sela kegiatan itu, kelompok mahasiswa penerima beasiswa be-ASR (sebuah lembaga yang didirikan Andi Sumangerukka dan bergerak di bidang pendidikan), menggelar Lomba Latto-Latto di Pantai Kamali.

Sedangkan Ketua DPD HKTI Sultra bersama jajaran pengurus melakukan silaturrahmi dengan tokoh masyarakat di Kelurahan Wajo, Kecamatan Murhum.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Muhammad Yahya mengungkapkan, malam nanti akan dilaksanakan ramah tamah antara jajaran pengurus DPD HKTI dengan dengan para pengurus DPC yang akan dilantik.

“Insyaallah semua berjalan lancar. Pengukuhan kita laksanakan esok hari (Sabtu, 25 Februari 2023), bertempat di gedung Convention Center Universitas Muhammadiyah Buton (UMB),” ujar Yahya.

Dijelaskan, Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse terkonfirmasi menghadiri kegiatan pengukuhan tersebut. Selaku tuan rumah, Rektor UMB Dr. Wa Ode Al Zarliani, SP, MM yang juga sebagai Ketua DPC HKTI Kota Baubau, akan mewakili tiga DPC untuk memberikan sambutannya.

Pada kegiatan pengukuhan tersebut, DPD HKTI Sultra juga akan menyerahkan beasiswa kepada sejumlah mahasiswa, penghargaan kepada para tokoh-tokoh pertanian, dan sejumlah bantuan kepada petani, yang dirangkaikan dengan kegiatan kuliah umum dan temu wicara.

Siang harinya, digelar lomba mewarnai yang digagas oleh kelompok be-ASR di Lippo Plaza Baubau. Dilanjutkan dengan kunjungan ke kelompok tani di Kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio.

“Ini merupakan agenda terakhir pada hari Sabtu, dan pada hari Minggu esok harinya, jalan santai dengan menargetkan lima ribu orang peserta akan kita laksanakan. Kita doakan, semua agenda ini dapat berjalan dengan lancer,” tutup Yahya.***

Komentar Pembaca