PT ANTAM UBPN Kolaka Gelar Upacara Penutupan Bulan K3

26

KOLAKA, – PT ANTAM Tbk UBPN Kolaka menggelar upacara penutupan bulan K3 tahun 2023 di lapangan Patepo pada Senin (13/2/2023), hadir pada upacara tersebut diantaranya General Manager PT ANTAM Tbk UBPN Kolaka Nilus Rahmat, Business Support Senior Manager5 Ridho Anggoro KA, FeNi Plant Senior Manager Ulil Amri Nizhamul, Mining and Operation Support Senior Manager Mahana Hendah Sunarno, Persatuan Wanita Aneka Tambang (PWAT) UBPN Kolaka, Para Manager dan Assistant Manager, Pegawai dan Mitra Kerja.

Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Bulan K3 ANTAM UBPN Kolaka Taufik Ahmadi juga menambahkan, pelaksanaan bulan K3 Nasional 2023 ini berpedoman pada petunjuk pelaksanaan yang tercantum dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan No. 135 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2023 dengan tema pokok: Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja.

Untuk menyemarakkan bulan K3 Nasional tahun 2023 ini, PT ANTAM TBK UBPN Kolaka juga mengadakan sejumlah kegiatan baik eksternal yang melibatkan stakeholder yaitu donor darah yang bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Pomalaa serta penyuluhan emergency response dan penggunaan APAR ke sekolah-sekolah yang berada di sekitar wilayah operasi ANTAM. Untuk kegiatan K3 internal pegawai, antara lain lomba olahraga antar satuan kerja, fitness drill, lomba kebersihan area kerja serta pemilihan pegawai teladan tahun 2023.

Sambutan Direktur Operasi dan Produksi yang dibacakan oleh General Manager PT ANTAM Tbk. UBPN Kolaka Nilus Rahmat menegaskan bahwa PT ANTAM Tbk terus menggaungkan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kepada seluruh para pegawai ANTAM maupun mitra kerja ANTAM.

”Industri migas pertambangan  merupakan industri yang berisiko tinggi. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memiliki pemahaman serta penerapan budaya K3 yang baik, terlebih lagi kita sebagai salah satu perusahaan  BUMN,” kata Nilus Rahmat.

Menurutnya keselamatan dan kesehatan kerja  di industri pertambangan merupakan budaya yang melekat  dan lebih berakar dibandingkan industri lainnya. Sehingga penerapan  budaya keselamatan sangat diutamakan.

Lebih lanjut General Manager ANTAM UBPN Kolaka menyampaikan, K3 merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan tenaga kerja dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja. “Sangat penting menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat, sehingga dapat menghindari terjadinya kecelakaan atau penyakit akibat kerja yang tentunya bisa berdampak pada demotivasi dalam bekerja ataupun penurunan produktivitas,” ulasnya.

General Manager ANTAM UBPN Kolaka juga  mengingatkan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja yang komprehensif untuk seluruh pegawai ANTAM. “Keselamatan tidak terlepas dari kesehatan. Orang yang sehat akan memperhatikan keselamatan dengan lebih baik. Keselamatan di tempat kerja, didukung oleh keselamatan di rumah. Karena itu, sangat penting untuk menjaga keselamatan baik di rumah maupun tempat kerja secara komprehensif. Keseimbangan antara bekerja, di rumah, serta waktu untuk beristirahat,  harus dapat diciptakan secara  perlahan-lahan dengan program yang tepat,” ungkapnya.

“Melalui rangkaian acara peringatan bulan K3 yang diselenggarakan selama 12 Januari hingga 12 Februari 2023, direksi dan manajemen  mengharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap norma K3, serta penerapan K3 pada bidang pekerjaan masing-masing. Selain itu juga meningkatkan partisipasi keluarga besar ANTAM dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan usaha serta operasional demi tercapainya zero fatality,” tutup Nilus.

Pada upacara penutupan bulan K3 ini juga dilaksanakan penandatanganan komitmen Bersama zero fatality dan proper hijau, penyerahan piagam penghargaan kepada Mitra Kerja Teladan K3, Lomba Kebersihan Kantor dan Control Room serta Lomba Fitnes Drill. (red)

Komentar Pembaca