Direktur Bank Sultra Abdul Latif dampingi Gubernur Sultra Ali Mazi Tinjau Proyek yang Dibiayai Pinjaman dari Bank Sultra

19

KENDARIEKSPRES, – Direktur Bank Sultra Abdul Latif dampingi Gubernur Sultra Ali Mazi meninjau pembangunan infrastruktur yang pembiayaannya bersumber dari Perbankan Daerah, kemarin. Peninjauan fokus pada Jalan Lingkar Luar Ruas 2 Waborobo – Batu Poopi.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengapresiasi dukungan Bank Sultra terhadap percepatan pembangunan daerah. Menurutnya, fasilitas pinjaman yang diberikan sangat baik dalam rangka mengakselerasi pembangunan didaerah.

Ali Mazi mengungkapkan, pembangunan sarana dan prasarana yang bersumber dari Bank Sultra berdampak positif terhadap peningkatan infrastruktur didaerah. Ia mencontohkan jalan lingkar Waborobo – Batu Poopi sangat mendukung mobilitas masyarakat termasuk perekonomian masyarakat.

“Sebelum ada jalan lingkar ini, masyarakat harus menempuh jarak sekitar sekitar dua sampai tiga jam. Lewat jalur potong (kompas). Sekarang sudah bisa ditempuh hanya 15 menit saja. Ini sangat baik bagi masyarakat, bagi kemajuan ekononomi masyarskat setempat,” ungkap Ali Mazi.

Orang nomor satu di Sultra ini berharap Bank Sultra bisa mengakomodir permohonan pinjaman dari 17 Kabupaten/Kota di Sultra sehingga pembangunan daerah tidak membebani APBD yang diprioritaskan untuk program lainnya seperti pendidikan dan kesehatan.

“Kami juga meminta daerah untuk memanfaatkan fasilitas pinjaman ditawarkan Bank Sultra. Sebab Bank Sultra adalah bank milik masyarakat Sultra yang keuntungannya akan dikembalikan kepada masyarakat demi kesejahteraan kita semua,” Harapnya.

Bank Sultra turut andil dalam mengakselerasi pembangunan didaerah. Buktinya dalam kurun waktu lima tahun (2018 – 2023), bank kebanggan masyarakat Sultra ini telah mengucukurkan dana pinjaman sebesar Rp 1,09 triliun kepada tujuh pemda di Bumi Anoa.

Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif mengatakan fasilitas pinjaman daerah dilaksanakan dalam rangka mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di daerah.

Abdul Latif mencontohkan, pihaknya telah menyalurkan pinjaman ke Pemkot Baubau sebesar Rp 164 miliar. Ratusan miliar pinjaman diberikan untuk membangun sarana dan prasarana infrastruktur diantaranya pembangunan Jalan Lingkar Ruas 2 Waborobo – Batu Poopi, Peningkatan Jalan Lingkar Ruas 2 Bukit Asri – Batu Poopi, Peningkatan Jalan Lingkar Ruas 2 Sorowolio – Bukit Asri, dan Peningkatan Jalan Lingkar Bungi – Sorowolio Tahap IV.

“Alhamdulillah kemarin sudah ditinjau langsung oleh Pak Gubernur. Progresnya sangat baik. Masyarakat sudah bisa melintasi jalur yang dibangun. Pembangunan jalan sangat penting untuk mendukung aktifitas perekonomian masyarakat setempat,” kata Abdul Latif usai meninjau pembangunan Jalan Lingkar Waborobo – Batu Poopi.

Sekedar informasi, 7 daerah yang telah memanfaatkan program pinjaman Bank Sultra yakni Konawe Selatan dengan besar pinjaman Rp 200 miliar, Bombana Rp 195 miliar, Kolaka Utara Rp 97,47 miliar, Buton Selatan Rp 94,88 miliar, Buton Rp 148 miliar, Baubau Rp 164, miliar, dan Konawe Utara sebesar Rp 200 miliar. (red)

Komentar Pembaca