Jumat Curhat, Warga Minta Persoalan di Desa Diselesaikan di Desa, Polsek Wakorumba Utara Respon Positif

36

BUTON UTARA, – Polsek Wakorumba menggelar Jumat Curhat di gedung serba guna Desa Laeya Kecamatan Wakorumba Utara, Kamis (9/3/2023). 

Kegiatan tersebut dipimpin Kapolsek Wakorumba Utara Iptu Maulana Akbar S.IP.,MM, beserta jajarannya. Tampak hadiri Kepala Desa Laeya La Runi, Sekdes Laeya sdr.Alif Boy,S.Kep, Kaur Pemerintahan Mei S.P., Kanit binmas Polsek Wakorumba Bripka Sirilus Pirade,S.H., Bhabinkamtibmas Bripka Rahmat,S.Sos., serta para tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat Desa Laeya dan sekitarnya.

Kapolsek Wakorumba Utara, Iptu Maulana Akbar dalam sambutannya menyampaikan saat ini Polsek Wakorumba Utara sedang melakukan imbangan operasi Pekat anoa 2023,sesuai dengan TR KAPOLRES BUTON UTARA dengan sasaran, judi, minuman keras, Sajam.

“Setiap bulannya juga kami melakukan operasi pekat secara rutin baik kepada penjual di kios, kami berikan himbauan untuk tidak menjual, memproduksi dan mengkonsumsi Miras,” ucap mantan Kasat Intelkam Polres Konawe Utara.

Lanjut mantan Kanit Sosbud Polresta Kendari menghimbau kepada setiap warga yang mengalami, melihat dan menyaksikan atau menjadi korban tindak pidana berhak mengajukan laporan atau pengaduan kepada Kepolisian Baik secara lisan maupun tertulis.

“Pelaporan  terhadap dugaan terjadinya tindak pidana merupakan hak dari setiap warga dengan catatan orang tersebut mengalami, melihat, mengetahui dan menyaksikan bahkan menjadi korban dalam tindak pidana,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Kamil, Warga Masyarakat Desa Laeya meminta kepada pihak kepolisian agar permasalahan yang terjadi dimasyarakat cukup ditindaklanjuti di Desa serta dimediasi oleh pemerintah Desa dalam Hal ini Mitra Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Laeya sebelum di Laporkan ke Kepolisian. 

Menanggapi hal itu, Bang Mul, sapaan akrab Iptu Maulana, mengatakan bahwa penanganan sengketa diluar pengadilan dan mediasi yang dilakukan di Desa bagian dari Restoratif Justice. 

“Jika Permasalahan belum sampai di pengaduan dan laporan maka bisa kami libatkan Pers Bhabinkamtibmas dan perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh adat setempat untuk menengahi permasalahan yang ada di lingkungan desa,” ujarnya.

Bang Mul mempersilahkan Kepada Desa bersama Pers Bhabinkamtibmas merumuskan konsep yang ada karena Linmas merupakan salah satu unsur mitra Polri Dalam menjaga Kamtibmas.

Untuk diketahui, Program Jumat Curhat yang diinisiasi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo ini mendapat apresiasi dari masyarakat. Karena warga bisa menyampaikan keluhan maupun aspirasi secara langsung kepada Kapolsek Wakorumba Utara. (Red)

Komentar Pembaca