Kapolres Konawe Utara Gelar Jumat Curhat Dengarkan Curhatan Nelayan Konawe Utara

11

KENDARIEKSPRES, – Kegiatan Jumat Curhat Polres Konawe Utara dipimpin Kapolres AKBP Priyo Utomo, SH, SIK beserta jajarannya berkunjung dan mendengarkan langsung keluh kesah Masyarakat Nelayan Konawe Utara di Desa Wanggudu, Kecamatan Asera (10/03/2023).

Kegiatan “Jumat Curhat” ini merupakan komitmen Polres Konawe Utara untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat dan menjawab keprihatinan mereka.

Kepolisian memahami bahwa masyarakat nelayan menghadapi tantangan unik yang membutuhkan perhatian khusus dari penegak hukum.

Sentimen dan isu masyarakat sangat penting dalam menjaga perdamaian dan keamanan di kawasan tersebut. Upaya Polres Konawe Utara untuk terlibat dengan masyarakat menunjukkan dedikasi mereka untuk memastikan kesejahteraan orang-orang yang mereka layani.

Dalam sambutannya, Kapolres AKBP Priyo Utomo, SH, SIK menyatakan pihaknya turun ke lapangan untuk bertemu dengan masyarakat guna mencari solusi permasalahan.

“Jika itu terkait dengan tugas polisi, mereka akan membayar tunai untuk menyelesaikan masalah. Jika terkait dengan pemerintah, mereka akan mendokumentasikannya terlebih dahulu untuk dikomunikasikan kepada Bupati dan Pejabat lainnya,” ucap Priyo.

Mantan Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Sultra ini mengatakan, kepolisian di Konawe Utara telah berperan aktif dalam mendorong perdamaian dan keamanan melalui kegiatan olah raga seperti sepak bola, bulu tangkis, tenis, dan lain-lain.

Namun, mereka menyadari bahwa ada juga komunitas nelayan di Konawe Utara. Oleh karena itu, mereka mengunjungi masyarakat untuk memahami keprihatinan dan saran mereka terkait keselamatan publik dan kinerja polisi.

Dalam kunjungan tersebut, Abdurahman, salah satu anggota komunitas nelayan mengeluhkan rusaknya habitat ikan di sungai dan laut akibat penggunaan alat tangkap listrik.

Menanggapi pengaduan tersebut, Kapolres AKBP Priyo Utomo, SH, SIK, langsung menginstruksikan Kasat Reskrim Iptu Agustian, SH, untuk melakukan pemetaan lapangan, pendekatan, pembinaan, dan sosialisasi. Jika ada pelanggaran hukum, penegakan hukum harus dilakukan.

“Tindakan cepat kepolisian ini menunjukkan komitmen mereka untuk mengatasi masalah masyarakat dan menjaga keamanan publik di wilayah hukum Polres Konut,” jelas Priyo.

Dalam kegiatan “Jumat Curhat” bersama masyarakat nelayan itu, Kapolres Konawe Utara, AKBP Priyo Utomo, SH, SIK, menyerahkan sarana kontak berupa baju dan senter kepada masyarakat. Fasilitas tersebut diterima langsung oleh wakil ketua komunitas, Ashar.

Di akhir kegiatan, Kabag Kemasyarakatan, AKP Laode Bahmid Asry, S.Sos menyampaikan pesan terkait keselamatan masyarakat jelang Pilkada dan Pilkada serentak.

Laode Bahmid menekankan pentingnya menjaga keselamatan masyarakat dan perlunya kesadaran lingkungan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“ ini menunjukkan komitmen kepolisian untuk mempromosikan lingkungan yang damai dan aman bagi masyarakat. Dengan bekerja sama, kita dapat menciptakan komunitas yang aman dan harmonis,” ucapnya. (red)

Komentar Pembaca