Waspada BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan dan Angin Kencang Berpotensi di 8 Wilayah Sultra, Senin 6 Maret 2023

1,116

KENDARIEKSPRES, – BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca pada tanggal 6 Maret 2023, untuk 8 kabupaten di Sulawesi Tenggara, yaitu Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, dan Muna.

Wilayah-wilayah ini berpotensi mengalami hujan sedang yang bisa disertai dengan Badai Guntur dan Angin Kencang.

Oleh karena itu, masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut diimbau untuk tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan seperti mengamankan barang-barang yang mudah terbawa angin dan menghindari area terbuka pada saat cuaca buruk.

Cuaca ekstrem melanda Kota Kendari pada 5 Maret 2023. Hujan deras dan angin kencang yang terjadi selama petang hingga malam hari mengakibatkan kerusakan di beberapa lokasi di Kota Kendari. Beberapa bangunan rusak, reklame, baliho dan pohon-pohon tumbang.

Kepala Stasiun Maritim dan Klimatologi Kendari, Sugeng Widarko, pada Minggu malam, mengatakan, hujan deras dan angin kencang di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara ini disebabkan oleh melambatnya kecepatan angin dan konvergensi, atau akumulasi massa udara lembab di wilayah tersebut.

Hal ini diperparah dengan tingginya kelembaban lapisan udara atas dan tingginya ketidakstabilan udara di daerah tersebut.

“Terdapat perlambatan kecepatan angin dan konvergensi (berkumpulnya massa udara basah) di atas wilayah Sultra. Ditambah kondisi kelembaban lapisan udara atas serta labilitas udara yang cukup tinggi di wilayah Sultra,” terangnya. (red)

Komentar Pembaca