Bom Peninggalan Perang Dunia II Ditemukan di Perumahan THE VILLAS Kendari

34

KENDARI, – Perang Dunia II memang berdampak luas dan masih meninggalkan jejak bahkan sampai saat ini. Salah satu buktinya yakni penemuan bom peninggalan Perang Dunia II di Komplek Perumahan THE VILLAS Kendari  yang menggegerkan warga setempat.

Kapolresta Kendari Kombes Muhammad Eka Fathurrahman mengatakan, bom tersebut ditemukan oleh seorang buruh bangunan yang sedang melakukan penggalian  tanah untuk cakar ayam bangunan rumah.

“Awalnya sekitar pukul 10.45 Wita Aco dan Agung sedang menggali tanah pada kedalaman dua meter untuk fondasi cakar bangunan perumahan THE VILLAS. Saat sedang menggali tiba – tiba menemukan benda berupa besi yang di duga Bom,” ujarya.

Saat menemukan benda yang diduga bom tersebut, Aco dan Agung segera melaporkannya kepada mandornya, Tolo. Tolo kemudian memberitahu pengawasnya tentang penemuan tersebut.

Sekitar pukul 11.30 Wita, Kapolsek Baruga tiba di lokasi penemuan dan mengamankan kawasan tersebut. Sekitar pukul 12.00 Wita, Tim Jibom Brimob Polda Sultra yang dipimpin oleh Wadanden Gegana Brimobda Sultra AKP I Made Edi tiba di Lokasi dan dilanjutkan dengan mensterilkan kawasan.

Setelah Bom itu  diangkat, dilakukan pembersihan dan pengecekan kondisi bom tersebut. Benda yang ditemukan memiliki ukuran diameter 20cm dan panjang 104cm, dan diduga berasal dari pesawat perang Dunia II.

“Pada pukul 15.40 Wita, bom tersebut dievakuasi dan dibawa ke Kelurahan Anggalomelai,Kecamatan Abeli ​​untuk dilakukan pemusnahan. Setelah sekitar 1 jam 25 menit, pemusnahan dilakukan dengan situasi yang aman dan terkendali,” tukasnya.(red)

Komentar Pembaca