Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar Dalam Hadis Sahih

39

KENDARIEKSPRES, – Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat penting di bulan Ramadan.

Malam Lailatul Qadar sebagai malam terbaik dalam setahun. Keutamaan malam lailatul qadar melebihi setara dengan beribadah selama 1000 bulan. 

Malam lailatul Qadar adalah malam di mana Al-Quran diturunkan dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah, tempat di langit ke-7 sebelum turun ke bumi selama 23 tahun. 

Keistimewaan malam Lailatul Qadar terdapat di dalam Al-Quran surah Al-Qadr ayat 1-5, yang artinya:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam Lailatul Qadar. Dan tahukah kamu apakah malam Lailatul Qadar itu? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Kemudian Rasulullah Salallahu’alaihi wassama bersabda dalam hadi Bukhari dan Muslim: 

“Siapa yang berdiri (shalat) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan harapan pahala, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Malam Lailatul Qadar terdapat pada 10 hari terakhir Ramadan. Yakni pada malam ke 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadan. 

Namum untuk waktu yang pastinya telah dirahasiakan oleh Allah subhana wata’ala. 

Salah satu hikmah dirahasiakan agar umat Islam meningkatkan ibadahnya di 10 hari terakhir Ramadan. 

Namum ada ciri-ciri yang bisa diketahui tentang malam Lailatul Qadar. Seperti termuat dalam beberapa hadis berikut:

Dalam hadis dari Aisyah ra. yang diriwayatkan oleh Ahmad, Ibnu Majah, dan Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya malam Lailatul Qadar itu tenang dan sejuk, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.”

Dari Abu Hurairah ra. yang diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Ciri malam Lailatul Qadar adalah langitnya bersih, tidak ada awan yang menghalangi.”

Dari dalil-dalil tersebut, dapat disimpulkan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh berkah, dan sangat penting bagi umat Islam untuk memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. 

Semoga kita semua diberikan kekuatan untuk memperbanyak ibadah pada malam tersebut, dan mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT. Aamiin. (*)

Komentar Pembaca