Energi Baru Sepak Bola Kendari, ASR Didaulat Menjadi Bapak Angkat PSSI Kendari

792

KENDARI EKSPRES, – Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kendari telah mendaulat Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka menjadi Bapak Angkat Askot PSSI Kota Kendari dan bagi seluruh atlet sepak bola kota Kendari.

Pengesahan itu disampaikan Ketua Askot PSSI Kota Kendari, Dr Akhmad Marhadi, saat acara silaturahmi dan buka puasa bersama Askot PSSI Kota Kendari bersama mantan Pangdam XIV Hasanuddin tersebut di Hotel Kubah 9 Kendari pada 14 April 2023.

Akhmad Marhadi menyampaikan terima kasih dan menyebut Andi Sumangerukka sebagai “figur Bapak Angkat” Askot PSSI Kendari.

dia berharap, perjalanan dan keikhlasan Sumangerukka untuk kepentingan rakyat dan pembangunan Sulawesi Tenggara dibalas oleh Allah SWT.

Akhmad Marhadi bersama anggota Askot PSSI Kendari lainnya menyuarakan dukungannya terhadap pencalonan Sumangerukka menjadi Bapak Angkat PSSI Kendari dan mendoakan agar mimpi ASR tersebut bisa terwujud pada 2024 mendatang.

“Kami bersyukur, Puang (Andi Sumangerukka_red) sudah bersedia menjadi Bapak Angkat Askot PSSI kendari. Semoga perjalanan Puang, dan keikhlasan puang untuk kepentingan Masyarakat dan demi pembangunan Sulawesi Tenggara dijabah oleh Allah SWT. Kita berdoa, Insya Allah cita-cita Puang untuk menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara bisa terwujud pada tahun 2024,” ucap Akhmad mardani yang dengan serentak diaminkan oleh semua Anggota Askot PSSI Kendari.

Sementara itu, dalam sambutannya, ASR sebagai “Bapak Angkat” Askot PSSI Kendari berharap bisa mengembangkan kancah sepak bola lokal dan melahirkan pemain-pemain seperti Saddil Ramdani.

Dia percaya bahwa pembinaan dan dukungan yang kuat untuk klub-klub lokal akan menghasilkan lebih banyak klub dan persaingan yang lebih baik di Sulawesi Tenggara,  yang pada akhirnya mengarah pada pengembangan pemain yang lebih berbakat.

Untuk melakukan ini, ASR bermaksud untuk membentuk sekolah sepak bola dengan pelatih berpengalaman dan memastikan bahwa Askot PSSI Kendari memiliki Anggara  yang cukup untuk menghasilkan pemain generasi berikutnya.

“Tujuannya adalah untuk mencapai Divisi Satu di kompetisi Sepakbola Indonesia,, yang membutuhkan pengembangan komunitas sepak bola yang kuat dan suportif di Kendari,” ucap ASR.

Komite Eksekutif (Exco) Asprov PSSI Sultra La Ode Songko Panatagama mengucapkan selamat kepada Askot Kendari karena telah menerima Andi Sumangerukka sebagai “figur ayah” mereka untuk sepak bola. Dia mengakui pentingnya sosok seperti itu di komunitas sepak bola lokal, mengingat Sulawesi Tenggara bukanlah daerah unggulan dalam sepak bola Indonesia. Meski memiliki pemain bertalenta seperti Saddil Ramdani yang berlaga di timnas.

Mantan Ketua BPW Partai Persatuan Pembangunan Sultra itu mengatakan, Sultra belum juga mendirikan klub untuk berlaga di divisi teratas. Sebaliknya, daerah lain seperti Madura dan Yogyakarta memiliki banyak klub di divisi teratas.

La Ode songko Panatagama meyakini kehadiran Andi Sumangerukka sebagai figur bapak Askot Kendari akan membantu mengembangkan sepak bola di daerah tersebut dan diharapkan dapat melahirkan klub-klub di divisi teratas.

La Ode Songko Panatagama tetap berharap seiring berjalannya waktu Sultra mampu berlaga di level tertinggi sepak bola divisi teratas.

Dia percaya bahwa inisiatif yang diambil oleh Andi Sumangerukka hari ini, akan membantu membuka jalan bagi wilayah tersebut untuk mencapai level baru dalam sepak bola. Lebih lanjut La Ode Songko Panatagama mendoakan kesehatan dan umur panjang bagi semua yang bekerja untuk tujuan ini, dan percaya bahwa dengan tekad dan kerja keras, klub sepak bola Sulawesi Tenggara pada akhirnya akan mampu bersaing di level tertinggi.

La Ode Songko Panatagama menyebutkan bahwa Andi Sumangerukka telah menyampaikan keinginannya untuk mengabdi kepada masyarakat sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara, dan kebersamaan yang terjalin di antara para hadirin yang hadir akan menjadi ikatan emosional di antara mereka.

Andi Sumangerukka, lanjutnya, telah memberikan dampak positif di daerah dengan memberikan dukungan untuk pembangunan pusat-pusat keagamaan di Muna Barat.

Menurutnya, kehadiran sosok seperti Andi Sumangerukka sebagai “Figur Ayah” mereka memberikan kesempatan bagi Askot PSSI Kendari untuk berkeliling Sulawesi Tenggara dan membuat inisiatif serupa yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Dia menilai, akan sulit menemukan tokoh terkemuka yang begitu berkomitmen terhadap kesejahteraan daerah.

La Ode Songko Panatagama mencontohkan, kesediaan Andi Sumangerukka untuk mengabdi kepada masyarakat menjadi bukti bahwa dirinya tidak mementingkan diri sendiri dan telah menyelesaikan cita-cita pribadinya.

Dia menyebutkan Andi Sumangerukka bisa berkeliling dunia jika dia mau, namun sebaliknya dia aktif terlibat dalam kegiatan sosial dan membantu membangun rumah ibadah.

Ini adalah bukti kesediaannya untuk memberikan kembali pengabdiaanya kepada masyarakat dan dedikasi tanpa pamrih.

Selain itu, Andi Sumangerukka memiliki karier yang gemilang, menjabat sebagai Pangdam, Kabinda Sultra,Danrem 143 Haluoleo.

“Karier yang mengesankan menjadikannya calon yang ideal untuk Gubernur Sulawesi Tenggara,”tegas Laode Sasongko. (Red)

Komentar Pembaca