Garuda Muda Melaju ke Final Lewat Gol Dramatis Taufany

5
Dengarkan Versi Suara

KENDARI EKSPRES, – Timnas Indonesia U22 melaju ke final SEA Games 2023 Kamboja usai menundukkan Vietnam dengan skor 3-2. Pertandingan antara Indonesia melawan Vietnam berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, pada Sabtu, 13 Mei 2023 pukul 16.00 WIB.

Tiga gol bagi Indonesia masing-masing dicetak Komang Teguh (9), Muhammad Ferarri (35), dan Taufany Muslihuddin (90+6). Sedangkan, dua gol Vietnam dicetak Nguyen Van Tung (36), dan gol bunuh diri Bagas Kaffa (80).

Jalannya pertandingan babak pertama

Peluang pertama Indonesia datang dari tandukan Alfreandra Dewangga. Bermula dari tendangan sudut yang dieksekusi Witan Sulaeman, Dewa menanduk bola dan mengarah kepada Ramadhan Sananta, tetapi kiper Vietnam mampu mengamankan bola.

Indonesia berhasil memecah kebuntuan saat laga baru berjalan 10 menit. Lemparan jarak jauh Pratama Arhan disambut tandukan Komang Teguh yang tak terkawal dan menggetarkan jala gawang Vietnam. Indonesia unggul 1-0 atas Vietnam.

Unggul satu gol, Marselino Ferdinan dkk. kian nyaman menguasai pertandingan. Sejumlah peluang diciptakan Sananta dan Arhan hingga menit ke-20.

Indonesia nyaris mencetak gol kedua pada pertandingan tersebut lewat peluang Bagas Kaffa pada menit ke-29. Berawal dari umpat Fajar Fathu Rahman yang melewati sela-sela kaki pemain belakang Vietnam, Bagas langsung melepaskan tembakan, tapi sayangnya masih bisa diblok kiper.

Vietnam berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-26. Berawal dari umpan silang Nguyen Phu Duc, Van Tung Nguyen berhasil menanduk bola melewati kawalan kiper Ernando Ari. Skor berubah menjadi 1-1.

Jelang akhir babak pertama, terjadi keributan antara pemain Indonesia dan Vietnam. Berawal dari pelanggaran Komang Teguh kepada pemain Vietnam, pemain lawan lain mencoba mendorong Komang hingga memancing emosi Dewangga dan akhirnya dihadiahi kartu kuning. Skor 1-1 tidak berubah hingga babak pertama usai.

Jalannya pertandingan babak kedua

Pada babak kedua, awal pertandingan dikuasai Vietnam yang memanfaatkan ball posession. Sementara Indonesia lebih banyak menunggu momen untuk melancarkan serangan balik.

Laga baru berjalan 8 menit, Indonesia kembali menggandakan keunggulan lewat gol Muhammad Ferarri. Berawal dari lemparan jarak jauh Arhan, bola jatuh ke mulut gawang lalu ditepis kiper Vietnam. Bola kemudian jatuh ke arah Marselino Ferdinan yang langsung melapaskan tembakan dan sempat menyentuh kaki Ferarri. Indonesia unggul 2-1.

Indonesia harus kehilangan Pratama Arhan pada menit ke-60. Pemain asal Tokyo Verdy itu mendapat kartu keunung kedua yang berujung kartu merah usai melanggar Nguyen Duc Phu. Indonesia bermain dengan 10 pemain.

Keunggulan jumlah pemain membuat The Golden Star terus menguasai pertandingan. Hasilnya, mereka kembali berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-78 melalui gol bunuh diri Bagas Kaffa.

Pertandingan berjalan dramatis, Indonesia mencetak gol ketiga pada menit ke-90+6 lewat pemain pengganti Muhammad Taufany. Berawal dari serangan balik, Marselino Ferdinan melesatkan umpan kepada Fajar, yang kemudian memberikan umpan silang dan diteruskan dengan tendangan keras Taufany.

Dengan hasil ini, Indonesia melaju ke final SEA Games 2023 Kamboja. Indonesia akan berhadapan dengan pemenang laga semifinal lainnya antara Thailand dan Myanmar. (Pikiran rakyat)

Komentar Pembaca