HUT Kota Kendari ke-192, di Depan Foto Ganjar Pranowo Warga Keluhkan Ruas Jalan di Kota Kendari Rusak Parah

273

KENDARIEKSPRES, – Kota Kendari, salah satu kota di Indonesia, kondisi infrastruktur jalan dan transportasi rusak parah, khususnya di Jalan Malaka, depan SPBU Martandu Kendari. Meski demikian, Plt Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu belum menunjukkan upaya apapun untuk memperbaiki jalan dan menjamin keselamatan pengguna jalan, khususnya warga Kendari yang merupakan pengguna utama jalan tersebut.

Ruslan, salah satu pengguna jalan, menyarankan agar anggaran yang digunakan untuk memperingati HUT Kendari ke-192 direncanakan dengan matang dan tidak mengorbankan kebutuhan esensial seperti perbaikan jalan yang rusak. Ia menegaskan, infrastruktur jalan merupakan kebutuhan krusial untuk meningkatkan mobilitas dan kondisi ekonomi masyarakat setempat. Oleh karena itu, Pemkot Kendari harus memprioritaskan alokasi dana untuk memperhatikan jalan yang sering digunakan warga.

“Dalam hal ini, kita sebagai warga negara harus memberikan masukan dan mengawal penggunaan anggaran pemerintah daerah agar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan,” imbuhnya.

Sementara itu, seorang pedagang kaki lima yang beroperasi di sepanjang Jalan Malaka mengungkapkan, sudah banyak warga yang menjadi korban akibat jalan rusak sehingga terjadi kecelakaan dan kendaraan rusak.

Dia mengimbau agar pemerintah Kota Kendari memprioritaskan perbaikan jalan dan menjamin keselamatan pengguna jalan kota.

Sementara itu, setelah adanya keluhan dari sejumlah warga tentang rusaknya infrastruktur jalan di Kota Kendari, khususnya di ruas Jalan Malaka, depan SPBU Martandu, Sekretaris Dinas PUPR Kota Kendari, Aswido memberikan konfirmasi terkait hal tersebut.

Menurut Aswido, status Jalan Buburanda sampai Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara merupakan jalan provinsi dan bukan kewenangan Pemerintah Kota Kendari. Meskipun pengguna jalan tersebut adalah warga kota Kendari, Pemkot Kendari telah berupaya untuk mengkoordinasikan kerusakan jalan tersebut dengan Dinas Bina Marga Provinsi Sulawesi Tenggara.

Aswido menambahkan bahwa Pemkot Kendari memahami betul pentingnya perbaikan jalan dan pemeliharaannya untuk memastikan keselamatan pengguna jalan di dalam Kota Kendari. Namun, sebagai jalan provinsi, pemeliharaan dan perbaikan jalan tersebut menjadi tanggung jawab dari Dinas Bina Marga Provinsi Sulawesi Tenggara. Pemkot Kendari telah berkoordinasi dengan Dinas tersebut untuk segera melakukan perbaikan jalan tersebut.

Pemkot Kendari juga menegaskan bahwa dalam merencanakan kegiatan atau penggunaan anggaran, pihaknya selalu mempertimbangkan kebutuhan penting dan mengutamakan kepentingan masyarakat. Pemkot Kendari berkomitmen untuk selalu memperhatikan kebutuhan masyarakat dalam setiap kebijakan dan kegiatan yang dilakukan. (Red)

Komentar Pembaca