ITK Avicenna Kendari Buka Pendaftaran Gelombang Kedua

149

Bagi Mahasiswa Baru Tahun Pelajaran 2023/2024

KENDARI – Institut Teknologi dan Kesehatan Avicenna (ITK) Kendari telah membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang kedua tahun ajaran 2023/2024. Pendaftaran dapat dilakukan secara online di Pmb.itk-avicenna.ac.id mulai 3 Mei hingga 29 Juli tahun ini.

Universitas yang mengusung tagline “Siap Kerja, Siap Bisnis, Mudah Belajar, Semua Bisa Belajar” ini menawarkan 10 program studi dari dua fakultas yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Sains dan Teknologi.

Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari Program (S1) Kesehatan Masyarakat, Program (S1) Gizi, Program (S1) Profesi Keperawatan, Program (D3) Keperawatan, Program (D3) Kebidanan, dan Program (S1) Ilmu Keperawatan.

Sedangkan Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari Program (S1) Farmasi, Program (S1) Biologi, Program (S1) Teknologi Informasi, dan Program (S1) Budidaya Perairan. Semuanya telah terakreditasi oleh BAN-PT.

Menariknya, kampus yang terletak di Jalan By Pass, Lepo-lepo, Kecamatan Baruga ini menawarkan enam program beasiswa. Program beasiswa tersebut adalah Sultra Cerdas, Bidik Misi/KIP Kuliah, Beasiswa ASR, Beasiswa Mahasiswa Berprestasi, Beasiswa Avicenna Kendari, dan beasiswa dari Pemerintah Daerah atau Pemda.

Ansar Sangka, Ketua Yayasan ITK Avicenna, menyatakan ITK Avicenna tidak lagi seperti dulu. Kini, ITK memiliki kepengurusan baru dengan harapan mendapatkan kepercayaan masyarakat dengan kualitas sumber daya manusia yang baik.

“Avicenna sekarang benar-benar baru. Sampai saat ini kepercayaan masyarakat sangat rendah karena istilah ‘mudah masuk, lambat keluar’, itu pola lama. Kita baru sekarang, dengan rektor baru, manajemen baru. Mahasiswa yang masuk Avicenna dijamin lulus tepat waktu asalkan persyaratannya terpenuhi,” kata Ansar, Jumat (12/5) di kampus ITK Avicenna Kendari.

Komitmen ITK Avicenna untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berdaya saing global semakin nyata. Hal ini terlihat dari kampus yang dulu bernama STIK Avicenna ini telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi baik di dalam maupun luar negeri.

Misalnya, Institut Kebudayaan Pendidikan Korea, Institut Teknik Mikro dan Universitas Elektronik Nano Malaysia, Sekolah Tinggi Komputasi dan Informatika Universitas Tenaga Nasional, Imus Sains Teknologi Filipina Universitas Chitkara India, Universitas Teknologi Rajamangala Krungtep of Thailand, University of Mulawarman Graduate School, PT KaiKouKai Healthcare Group of Japan, dan Seoul University of the Republic of Korea.

Aidil Shafwan SKep Ns MKes selaku Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru ITK Avicenna menambahkan jalur penerimaan mahasiswa baru terbagi menjadi dua yaitu jalur undangan dan rekomendasi.

Jalur undangan meliputi jalur akademik (raport peringkat 1-10 di kelas) dan jalur non akademik seperti senin prestasi, olah raga, Hafiz Quran minimal setingkat SMA.

Jalur rekomendasi meliputi surat rekomendasi dari pihak yang berwenang dalam hal ini pemerintah daerah (Bupati, Bupati), pimpinan lembaga, rumah sakit, klinik, kepala sekolah, dan perusahaan.

“Target kami untuk mahasiswa baru sebanyak-banyaknya. Biaya kuliahnya berlaku sistem paket untuk pendaftaran gelombang kedua ini,” tukasnya.

Komentar Pembaca