Andi Sumangerukka Terkesima dengan Kulinernya Pasar Laino Raha

40

KENDARIEKSPRES, – Ketua Dewan Pembina ASR, Andi Sumangerukka, memimpin kunjungan yang sangat istimewa ke Pasar Laino Raha, sebuah pasar yang terletak di Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Kunjungan ini dimulai sekitar pukul 07.00 WITA pagi dan menarik perhatian banyak warga setempat.

Sesampainya di Pasar Laino Raha, Andi Sumangerukka dan rombongannya langsung menuju pelelangan ikan untuk sarapan pagi bersama warga setempat. Pantauan awak media mencatat bahwa warga sekitar segera berdatangan begitu Ketua Dewan Pembina ASR tiba di pasar pelelangan ikan tersebut. Kepadatan di lokasi tersebut bahkan membuat beberapa jalan tidak bisa dilewati untuk sementara waktu.

Mayjend Purn TNI Andi Sumangerukka, yang juga memiliki pangkat Bintang Dua TNI, dengan hangat menyambut warga dan bahkan menyewa lapak pedagang untuk duduk bersama mereka. Ia juga memesan makanan untuk sarapan pagi, menunjukkan rasa hormatnya terhadap budaya dan masyarakat setempat.

Andi Sumangerukka, saat ditemui oleh awak media, menjelaskan bahwa kunjungan ini adalah bagian dari upaya peninjauan lokasi yang bertujuan untuk memahami aktivitas dan kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat setempat. “Hari ini kita sarapan pagi bersama masyarakat Laino sekaligus melihat aktivitas masyarakat di sini dan mendengar tentang kesulitan yang mereka hadapi,” jelasnya.

Pasar Laino Raha, menurut Andi Sumangerukka, adalah tempat yang sangat strategis yang tidak hanya digunakan untuk aktivitas perdagangan, tetapi juga untuk rekreasi. “Ternyata di sini ada sarana rekreasi dan beragam kuliner yang enak,” ucapnya dengan senyum.

Selama sarapan pagi, mantan Mayjen Purn TNI Bintang Dua ini mencicipi berbagai jenis kuliner lokal, seperti tenteng, ikan dengan berbagai variasi, lapa-lapa, dan geroncong. “Semua ini mengingatkan saya pada masa kecil saya,” kata Andi Sumangerukka dengan nostalgia. “Saya sangat menikmati pengalaman ini, dan suatu hari nanti, pasti saya akan kembali ke sini,” tambahnya.

Andi Sumangerukka berharap bahwa ke depannya, Pasar Laino dapat diperbaharui menjadi kawasan rekreasi atau destinasi wisata tradisional yang menarik di Kabupaten Muna. “Meskipun pasar ini masih mempertahankan ciri khas tradisionalnya, namun mungkin bisa diberikan sentuhan bangunan yang sedikit modern untuk menarik wisatawan,” harapnya.

Kunjungan Ketua Dewan Pembina ASR ini bukan hanya mempererat hubungan antara pemimpin dan masyarakat setempat, tetapi juga memberikan dorongan positif bagi perkembangan potensi pariwisata di daerah ini. Harapannya, Pasar Laino dan sekitarnya akan menjadi destinasi yang lebih menarik untuk wisatawan lokal dan mancanegara di masa mendatang. (red)

Komentar Pembaca