Bank Sultra: Kontribusi Signifikan dalam Pembangunan Ekonomi Sulawesi Tenggara

32

JAKARTA – PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara (BPD Sultra), yang lebih dikenal sebagai Bank Sultra, sekali lagi menunjukkan prestasinya di tingkat nasional. Bank ini berhasil meraih penghargaan peringkat 3 BPD Kategori Kecil dari Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri), mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pemain utama di dunia perbankan di Sulawesi Tenggara.

Pemberian penghargaan ini berlangsung pada BUMD Awards yang digelar di Hotel Grand Sahid Jakarta pada Jumat (29/9/2023). Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri, Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si., dan sekaligus menjadi ajang Rapat Koordinasi BUMD seluruh Indonesia.

Penghargaan prestisius ini diterima oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Drs. Asrun Lio., M.Hum., Ph.D., yang mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Komjen Pol (P) DR. (H.C) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H., serta didampingi oleh Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif.

Penghargaan ini adalah pengakuan atas pencapaian kinerja luar biasa yang telah berhasil ditorehkan oleh Bank Sultra selama beberapa tahun terakhir. Kemendagri memberikan penghargaan peringkat 3 BPD Kategori Kecil kepada Bank Sultra berdasarkan beberapa indikator penilaian yang ketat.

Pertama-tama, dari segi kinerja keuangan, Bank Sultra terbukti mampu menjaga kesehatan keuangan yang stabil selama beberapa tahun terakhir. Bank yang berdiri sejak tahun 1968 ini memamerkan performa keuangan yang konsisten dan positif.

Dalam hal kinerja intermediasi, Bank Sultra mencatatkan prestasi gemilang dengan penyaluran kredit yang sangat signifikan kepada masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Tenggara.

Tidak hanya itu, Bank Sultra juga dikenal dengan layanan unggulan kepada nasabahnya, yang mendapat respon positif. Inovasi layanan perbankan yang diperkenalkan oleh Bank Sultra telah membantu meningkatkan jumlah nasabah dengan pesat hingga tahun 2023.

Dari segi kinerja sosial, Bank Sultra bukan sekadar institusi perbankan yang mencari keuntungan semata. Mereka juga berperan aktif dalam mendukung pembangunan sosial di berbagai sektor di Sulawesi Tenggara. Semua karyawan Bank Sultra memberikan kontribusi besar dalam melayani masyarakat dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

Penghargaan peringkat 3 BPD Kategori Kecil dari Kemendagri ini adalah hasil nyata dari kerja keras, dedikasi, dan strategi yang cerdas yang telah diterapkan oleh Bank Sultra. Fokus pada sektor UMKM dan investasi dalam infrastruktur digitalisasi layanan perbankan merupakan strategi yang membantu Bank Sultra mencapai prestasi ini. Manajemen yang profesional dan direksi yang berpengalaman juga memberikan kontribusi besar terhadap kinerja yang mengesankan ini.

Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif, dengan bangga menyatakan komitmen kuat Bank Sultra untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Sulawesi Tenggara. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemegang saham, termasuk gubernur, bupati, dan wali kota se-Sulawesi Tenggara, serta kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan kepada Bank Sultra.

Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Drs. Asrun Lio., M.Hum., Ph.D., yang menerima penghargaan ini secara langsung, menyampaikan apresiasi yang tulus atas prestasi yang telah diraih oleh Bank Sultra. Ia menegaskan bahwa Bank Sultra telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan ekonomi dan sosial di Sulawesi Tenggara, dan mendorong bank ini untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat daerah ini.

Komentar Pembaca