Langkah Proaktif Polda Sultra, Air Bersih untuk Masyarakat, Program Polri Peduli Lingkungan di Bumi Anoa

6

SULTRA  – Desa Alebo dan Desa Morome, yang terletak di Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, adalah dua komunitas yang selama ini telah menghadapi tantangan besar dalam hal pasokan air bersih.

Namun, dalam sebuah upaya luar biasa untuk mengatasi permasalahan ini, Wakapolda Sultra, Brigjen Pol Dwi Iriyanto, bersama Karo SDM Polda Sultra, Kombes Pol Danang Beny K, telah menginisiasi program peduli lingkungan yang membangun sumur bor dan memasang pompa air di kedua desa tersebut, Selasa 5 September 2023.

Program ini merupakan kolaborasi antara Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sultra dan Badan Wilayah Sungai (BWS) PUPR Sultra, yang bertujuan untuk memberikan solusi signifikan terhadap masalah kekurangan air bersih yang telah lama dialami oleh warga desa-desa ini.

Pada sebuah kesempatan yang berkesan, Brigjen Pol Dwi Iriyanto secara resmi menandatangani prasasti sebagai tanda bahwa sumur bor dan pompa air yang telah dibangun sudah siap digunakan oleh masyarakat. Kombes Pol Danang Beny K juga turut hadir untuk mendukung inisiatif penting ini.

Proyek ini melibatkan dua lokasi sumur bor yang akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat setempat. Lokasi pertama memiliki luas tanah sekitar 7×3 meter yang disumbangkan oleh Pak Rahimin di Rt. 06 Dusun 3 Desa Alebo. Sementara itu, lokasi kedua dengan luas tanah sekitar 5×5 meter adalah sumbangan dari Pak Herman dan anak-anaknya, Kartiwan dan Sarwono Tarkum, di Rt. 04 Dusun 02 Desa Morome.

Spesifikasi Teknis

Proyek ini dilakukan dengan sangat cermat dan memperhatikan detail teknis yang diperlukan untuk memastikan kualitas dan keandalan sumur bor dan pompa air yang dipasang. Berikut adalah beberapa spesifikasi utama:

  1. Sumur Bor Kedalaman 45 Meter: Setiap titik sumur bor digali hingga kedalaman 45 meter untuk mendapatkan akses ke sumber air yang lebih dalam.
  2. Casing Sumur 4 Inch: Sumur-sumur ini dilengkapi dengan casing berdiameter 4 inch dan pipa hisap berdiameter 3/4 inch yang mencapai kedalaman 24 meter.
  3. Pompa Air Submersibel Otomatis: Pompa air yang digunakan adalah tipe submersibel otomatis 2,5 inch dengan daya 375 Watt. Pompa ini mampu menarik air dari kedalaman hingga 34 meter dan memiliki kapasitas output hingga 40 meter.
  4. Tower Tinggi: Di setiap lokasi, dibangun tower setinggi 6 meter dari rangka besi untuk mendukung sistem penyediaan air.
  5. Penampungan Air: Setiap lokasi dilengkapi dengan satu penampungan air berkapasitas 2200 liter. Pipa masuk berdiameter 3/4 inch dan pipa distribusi berdiameter 1/2 inch mengalirkan air ke empat kran yang tersedia di masing-masing lokasi.

Memberikan Harapan untuk Masa Depan yang Lebih Baik

https://googleads.g.doubleclick.net/pagead/ads?client=ca-pub-

Inisiatif ini adalah contoh nyata kepedulian dan kerja sama yang kuat antara pihak berwenang dan masyarakat. Sumur bor dan pompa air yang dipasang akan memberikan akses yang lebih baik terhadap air bersih bagi penduduk desa Alebo dan Morome, yang selama ini harus mengatasi kesulitan dalam mendapatkan air bersih.

Dengan penandatanganan prasasti oleh Brigjen Pol Dwi Iriyanto, proyek ini memasuki tahap penggunaan yang sesungguhnya, memberikan harapan akan masa depan yang lebih baik untuk kedua desa ini.

Semoga inisiatif ini menjadi contoh inspiratif bagi komunitas lain untuk peduli terhadap lingkungan dan membantu mereka yang membutuhkan. Dengan bersatunya tenaga dan sumber daya, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik untuk semua orang. (red)

Komentar Pembaca