Bersama Lawan Banjir: Personel Koramil dan Masyarakat Bersatu Pembersihan Selokan

407

WAJO, –

Dalam upaya mencegah potensi banjir dan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh genangan air, Koramil 1408-03/Wajo bersama instansi terkait melaksanakan Kegiatan Karya Bhakti Pembersihan Selokan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Kamis, 18 Januari 2024, pukul 07.00 WITA di Kelurahan Butung, Kecamatan Wajo.

Musim hujan yang telah tiba memicu kebutuhan untuk menjaga saluran air agar tetap lancar. Luapan air, genangan, dan tersumbatnya selokan dapat menyebabkan banjir di rumah warga, bahkan dapat memicu peningkatan risiko penyakit, seperti demam berdarah akibat berkembang biaknya nyamuk.

Kegiatan ini diawali dengan Apel dipimpin oleh Peltu Rudi Utomo, Batih Bhakti, pukul 07.00 WITA. Hadir dalam kegiatan ini, Hj. Andi Erni S.E., S.A.P selaku Lurah Butung, staf kelurahan, personel Koramil sebanyak 6 orang, Aiptu Azis (Babinkamtipmas), Ketua RW, Ketua RT, dan sekitar 10 warga sekitar.

Pembersihan selokan dimulai pukul 07.30 WITA dengan melibatkan semua peserta. Langkah-langkah preventif diambil guna memastikan kelancaran aliran air dan menghindari terjadinya genangan yang dapat merugikan warga sekitar.

“Pembersihan selokan ini menjadi langkah awal kita untuk mencegah banjir dan mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Kerjasama antara aparat pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat sangat diperlukan dalam upaya ini,” ujar Peltu Rudi Utomo.

Rangkaian kegiatan selesai dengan aman dan tertib pada pukul 09.15 WITA. Pembersihan selokan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesejahteraan bersama. Kegiatan serupa diharapkan dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan untuk menjaga lingkungan yang bersih dan nyaman. (red)

Komentar Pembaca