Bankitkan Perekonomian Warga, ASR Dorong BPD KKSS Di 17 Kabupaten/Kota Segera Bentuk Koperasi Rakyat

244

BOMBANA – Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSSSulawesi Tenggara (Sultra) Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka, mengatakan, cara untuk membangun skala usaha dan meningkatkan daya saing produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah dengan berkoperasi.

Hal itu disampaikan ASR sapaan akrab Andi Sumangerukka itu disela-sela  Safari Ramadan BPW KKSS Sultra di Masjid Raya Boepinang Kabupaten Bombana, Jumat (29/4/2022).

Mantan Pangdam XIV/Hasanuddin itu mengatakan, salah satu bentuk komitmen KKSS Sultra adalah menghadirkan kegiatan-kegiatan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sebenar-benarnya dan membantu pemulihan ekonomi Masyarakat  Sulsel di Sultra.

Olehnya itu Jenderal bintang dua tersebut tidak henti-hentinya terus mendorong kepada seluruh pengurus Badan Perwakilan Daerah (BPD) KKSS Sultra yang ada di 17 Kabupaten Kota untuk segera membentuk Koperasi KKSS.

Alasanya, Jika pelaku usaha mikro jalan sendiri-sendiri, usahanya tidak akan efisien.Tapi dengan bergabung dalam wadah koperasi maka akan tercipta efisiensi yang lebih baik. Dari mulai efisien biaya produksi, promosi, hingga pengadaan bahan baku.

Sehingga nantinya KKSS Sultra akan bersinergi dengan pemerintah daerah dan pihak perbankkan dalam rangka menyediakan lapangan pekerjaan untuk membantu UMKM.

UMKM tersebut akan mendapat bantuan modal usaha sebesar Rp.2juta untuk masing-masing UMKM dan Rp.75Juta untuk masing-masing koperasi yang dibentuk oleh BPD KKSS di 17 kabupaten kota di Sultra.

“Kami sementara menyiapkan System digitalisasi dalam bentuk Website untuk mendata seluruh warga Sulsel yang ada di Sultra, sehingga bantuan modal usaha tersebut bisa tetap guna dan tepat sasaran,”ucapnya.

ASR mengungkapkan, kelemahan pada UMKM di Sultra terletak pada kemasan produknya. Apalagi kurangnya desain kemasan membuat produk UMKM warga KKSS Sultra kurang diminati konsumen.

“Padahal dari sisi kualitas produk, seperti produk makanan, kita tidak kalah dalam hal rasa,” katanya.

ASR berpesan agar warga KKSS Sultra mulai mengubah pola pikirnya dari konsumtif secara perlahan menjadi produktif. Kata dia, dengan mengubah pola pikir ini, diharapkan bisa mendorong produktivitas masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan warga asal Sulsel di Sultra.

” Manakala semua warga KKSS Sultra sejahtera maka saya akan merasa sangat senang dan bergembira,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, BPW KKSS Sultra melalui BPD KKSS Bombana menyerahkan bingkisan Ramadan sebanyak 1.000 paket dalam bentuk sembako, berupa gula, beras, dan minyak goreng  kepada Masyarakat KKSS di Kabupaten Bombana.(P2)

Komentar Pembaca